Minggu, 03 September 2017

Lampung Bukan Tempat Begal



Assalamualaikum, teman-teman…

Lampung bukan tempat begal!!! Mari memperkenalkan Lampung lewat blog.
                                   
Selama ini lampung dikenal dengan kampung begalnya. Sampai-sampai saat aku berkunjung ke rumah nenek di jawa tengah, mereka sering mengejekku dengan identitas begal sebagai warga lampung. Tapi tenang, selama kita tidak bersalah, maka haram hukumnya takut. Sebagai warga lampung, saya harus bertanggung jawab nih, mengharumkan nama lampung. Setidaknya dalam dunia per blogger-an lampung bisa dikenal dengan kebaikannya.

source: google.co.id/lampung/

Kebetulan, eh kebetulan.  Pada hari minggu tanggal 3 September 2017 tapis blogger mengadakan perayaan milad yang pertama dengan membuat acara blogging class. Tema yang diangkat pada acara ini adalah mengenalkan lampung melalui blog. Acara ini berlangsung di gedung graha pena lampung (radar TV lampung).


sumber: photo profil group whatsapp

Melalui acara ini aku berharap lampung akan dikenal dengan berbagai keindahannya. Baik dari tempat wisata dan juga kulinernya. Acara ini dimulai pukul 13.00 sampai dengan 17.00 WIB, dan menghadirkan dua pemateri keren. Yaitu umi Naqiyyah syam sebagai founder tapis blogger dan juga kak Sandi prayoga yang merupakan seorang blogger.

Pemateri pertama adalah umi Naqiyyah syam yang langsung menjelaskan tentang sejarah tapis blogger. Tapis blogger berdiri karena keinginan umi Naqiyyah syam untuk membuat suatu wadah para pecinta blog. Awalnya tapis blogger digunakan sebagai rumah para wanita yang mencintai dunia tulis menulis, sehingga kemudian mendalami per-blogger-­an. Namun seiring berjalannya waktu banyak teman-teman umi yang meminta tapis blogger dibuat menjadi rumah umum, bias untuk laki-laki dan perempuan.

sumber: instagram yayu

Seperti yang kita ketahui bahwa dunia blog adalah dunia yang sangat mengagumkan, mengapa demikian? Karena di zaman modern saat ini semua informasi harus tersedia di internet. Sehingga blog juga merupakan peluang sukses, salah satunya peluang sukses mengharumkan nama lampung. Bagi blogger lampung.

 dokumentasi zetizen

Kemudian pemateri kedua adalah kak Sandi Prayoga yang memberikan banyak materi tentang blog. Wah beliau ini sangat lihay dalam dunia maya. Banyak hal yang disampaikan, termasuk didalamnya tentang perbedaan blogspot dan wordprees. Sesi tanya jawab dalam acara ini pun sangat mengagumkan, bagaiaman tidak. Lihatlah antusias teman-teman kelas ngeblog ini. Begitu memukau.

 dokumentasi pribadi

Setelah materi selesai diberikan, dan segala macam pertanyaan pun sudah terjawab. Kini saatnya kita mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh. Yaitu dengan cara review produk. Nah, produk apa saja si yang akan di review, pertama adalah hometown dairy yang merupakan pabrik penghasil susu segar dan yang kedua adalah banan foster yang merupakan jajanan hits di bandarlampung.

 


 dokumentasi pribadi

Pada momen ini seluruh peserta dapat ambil alih untuk mencicipi produk yang akan di review, tujuannya adalah agar peserta mengetahui rasa dari produk tersebut.

Sebelumnya, aku dan juga semua peserta merayakan milad pertama tapis blogger dengan umi Naqiyyah yang membawa kue banan foster keju untuk kemudian di foto. Seluruh anggota tapis blogger juga sangat bergembira dengan milad pertama ini. Semoga kelak tapis blogger makin berjaya dan kreatif.

 dokumentasi pribadi
dokumentasi tapis blogger

Beginilah kehebohan peserta yang sedang take picture yang kece buat bahan tulisan. Biar kece jadi poto harus milik sendiri dan take sendiri. Kemudian peserta diminta untuk review, namun untuk tugas kelas maka peserta hanya diminta posting pada instagram saja.

dokumentasi tapis blogger

Kemudian tugas posting di blog menjadi semacam tugas di rumah.

Mengapa aku bisa dengan percaya diri bahwa dengan blog bisa mengharumkan nama lampung? Sekarang kita lihat dan kembali renungkan ulasan diatas, tentang review produk. Produk-produk tersebut merupakan olahan khas lampung dan juga terdapat di lampung. Seperti susu home town dairy yang pabriknya ada di lampung, meskipun susu sapi yang dihasilkan bukan dari sapi asl lampung, tapi setidaknya kita dapat melihat bahwa lampung memiliki pabrik susu yang juga tak kalah dengan pabrik susu di jawa.  Kemudian untuk banan foster yang merupakan kue dengan bahan dasar pisang.  Seperti yang aku ketahui bahwa pisang merupakan salah satu hasil panen yang melimpah di lampung. Melalui kuliner inilah, maka lampung dapat terkenal, dan bukan terkenal sebagai begal. Selain kuliner lampng juga mempunyai berbagai pariwisata yang tak kalah menarik dengan propinsi lain.  Lain kali insyaallah akan aku tuliskan dalam blog ini.

Dengan begitu, melalui blog, kita bisa memberikan keindahan tersendiri dari alam lampung.
 dokumentasi tapis blogger


1 komentar:

  1. Kece mbak antik. Tulis gih kuliner2,lampung. Biar kita juga pada tahuu. Hehe

    BalasHapus