Selasa, 06 Februari 2018

Bagaimana membiarkan anak kecil bermain dengan bayi?

Assalamualaikum teman-teman, alhamdulillah adik kecil sudah tidur.  Sekarang saatnya menulis.

Salit deh sama ibu-ibu yang ada di dalam komunitas odop, gimana ya cara bagi waktu buat nulisnya???  Meskipun aku bukan ibu-ibu,  tapi saat mengemban tugas menjaga anak kecil usia 9 Bulan waduuh luar biasa super bagi waktunya sampai kalang kabut,  etdaah bahasa apa lagi ya??? Tapi alhamdulillah nya semua kerjaan rumah beres dan si kecil sekarang lagi tidur,  jadi deh kakak main hp hehe.

Kemarin ada banyak ide berterbangan,  tapi ngga sempat nyatat,  jadilah menguap bgitu saja. Jadi hari ini aku akan mencoba membuat daili activity si adk kecil yang namanya arsyila farzana.

Seperti biasa,  di rumah ada adikku yang nomor 3 namanya fairuz azzam,  dan sekarang ditambah lagi dengan arsyila,  tapi azzam sangat menyayangi adiknya. Alhamdulillah banget dia bisa sedikit membantu jaga syila.

Sepandai-pandainya azzam menjaga,  sesayang apapun seharusnya aku tidak memasrahkan 100% padanya,  ini karena azzam masih anak-anak usia 4 tahun.

Sore tadi,  aku membuat kesalahan besar, what???  Kesalahan apa?  Iya,  kesalahan dalam memasrahkan syila kepada azzam saat sedang di kamar mandi, aku berpikir hanya sebentar saja,  mempersiapkan baju keduanya. 

Kebetulan azzam memainkan selang,  sedangkan arsyila asyik menikmati pancuran air diatas bak mandi,  saluran air keduanya berbeda,  azzam di sebelah kiri dan arsyila di sebelah kanan.  Karena azzam mandi sambil bermain,  jadi deh dia membelakangi adiknya.

Sebelum meninggalkan kamar mandi,  aku sudah berpesan kepada azzam "mas azzam,  tolong pegangi adiknya ya,  kakak mau ambil handuk dulu".

"Iya kak" jawabnya,  sambil langsung menuju dan memegangi adiknya.

Baru saja ambil handuk dan mempersiapkan baju keduanya, aku mendengar ada suara aneh di dalam kamar mandi,  eh ternyata si arsyila sudah masuk ke bak mandi dan tenggelam.

Astaghfirulloh,  aku panik bukan main. Langsung kuangkat arsyila, dan dia masih dalam kondisi manangis. Alhamdulillah air susu cukup untuk menenangkan arsyila,  dan dengan reflek aku memarahi adik azzam.  Padahal kan yang salah jelas aku.

Pelajaran hari ini, jangan membiarkan anak kecil bermain dengan bayi tanpa pengawasan dan jangan langsung memarahi sebaiknya berikan penjelasan dan arahan.

Humh,  syukurlah azzam pemaaf dan penyayang  jadi sepertinya dia juga sudah memahami kesalahannya dan memeluk juga mencium adiknya setelah kejadian itu....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar