Jumat, 02 Februari 2018

Antara Hitam dan putih

Hanya sebuah proses pembelajaran....
Antara hitam dan putih, mana yang akan kalian pilih??

Hitam yang identik dengan warna kegelapan, warna kejahatan dan warna kesuraman. Sedangkan putih memiliki makna yang lebih mulia, karena putih sering dimaknai dengan kesucian.

Tapi, hitam belum tentu buruk dan putih belum tentu baik. Semua itu jelas tergantung bagaimana masing-masing manusia menerjemahkan warna berdasarkan dengan pengalaman, pengetahuan serta pengamatannya.

Manusia selalu punya sudut pandang masing-masing. Maka penilaian antar manusia itu terkadang tak bisa dipungkiri banyak sekali adanya ketidak adilan. Dari hal tersebut terkadang aku berpikir, bahwa tak ada satupun manusia yang bisa mengerti dan memahami apa yang ada dalam hati sesama manusia yang lain, tak ada yang tahu dengan persis bagaimana pemikirannya. Tapi diantara berjuta, bermiliar manusia yang ada di muka bumi ini, aku percaya bahwa Allah yang maha tahu segalanya.

Manusia hanya mampu berpikir denganbatas sudut pandang yang ia miliki, tapi Allah, tidak. Dia mampu menembus segala hal yang tak pernah kita ketahui.

Jika kita hanya mampu memaknai hitam dan putih atas pemikiran yang dibantu dengan sudut pandang ikita terhadap keduanya, tapi Allah lebih memahami, lebih mengerti dan lebih mengetahui apa dan bagaimana antara keduanya.

Walaupun hanya sekali-kali jangan pernah diri kita sebagai manusia, memiliki pemikiran negatif terhadap orang lain, karena kita bahkan tak pernah tahu apa yang ada dalam hatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar